Selasa, 28 Juni 2016

082.330.199.309 » Sejarah Baju Koko di Indonesia » Jual Baju Koko Fattaya

Sejarah Baju Koko di Indonesia berawal dari Baju Tui-Khim (Mandarin), Tikim (Betawi), melalui proses yang panjang baju khas masyarakat Tionghoa yang diadopsi oleh masyarakat Betawi hingga sampai diadopsi oleh pemeluk agama Islam di Indonesia.
Pengamat kebudayaan Tionghoa peranakan Indonesia, David Kwa, baju koko yang sekarang ini identik dengan masyarakat muslim, pakaian keseharian masyarakat Tionghoa pertama kali diadaptasi oleh para lelaki Betawi. Pakaian ini bernama "Tui-Khim".

Baju Tui-Khim diadaptasi sebagai pakaian pria masyarakat Betawi, mereka menyebutnya dengan sebutan baju "Tikim".

Baju Tui-Khim atau Tikim ini modelnya mirip sekali dengan baju Koko Modern, dengan ciri-ciri berkerah tegak,dengan lima kancing bukaan tengan di depan, panjang bajunya menjuntai hingga setengan paha, dua saku di bagian bawah/paha. Terkenal di Nusantara ini karena peran para pedagang Tionghoa yang awalnya berniaga dan beberapa menetap di Nusantara.

Bagaimana istilah Baju Koko muncul? Menurut budayawan sekaligus novelis Remi Sylado, istilah ini muncul karena baju Tui-Khim sering dipakai oleh "engkoh-engkoh" (sebutan untuk lelaki paruh baya Tionghoa), lalu muncullah istilah Baju Koko.

Saat itu, baju Tui-Khim justru ditinggalkan oleh para peranakan Tionghoa muda, mereka lebih menyukai pakaian Eropa, seperti Jas dan Pantolan. Saat itu juga masyarakat pribumi mulai jatuh hati pada pakaian Tui-Khim yang nyaman dipakai untuk keseharian dan tidak memalukan untuk dipakai menghadiri acara-acara resmi.

Setelan awal baju Koko yang dipakai oleh masyarakat Betawi saat itu, baju Koko (umumnya berwarna Putih) dengan celana Batik Betawi. Setelan ini seolah menjadi Trademark para Pria Betawi sekaligus umat Islam, karena mayoritas masyarakat Betawi beragama Islam, dan sebagai Muslim yang berpegaruh di Batavia.

Di zaman sekarang ini, Baju Koko berkembang dengan pesat sebagai ikon busana Muslim pria di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang senang memakai busana yang mencerminkan Islam, baik dalam keseharian maupun acara-acara formal.

Koko Anak Fattaya - Salur Lengan Panjang -Merah
Koko Anak Fattaya - Salur Lengan Panjang -Merah
Koko Anak Fattaya - Zigzag - Tosca
 Mau tau kolesi menawan Baju Koko Anak Fattaya lainya? atau Mau jadi Agen Fattaya?

Hubungi KAMI di 082 330 199 309 (sementara hanya ada di WhatsApp)




0 komentar:

Posting Komentar